Tips Sukses Magang

1. Jangan Pernah Datang Terlambat

Sebagai mahasiswa magang, anda perlu bangun citra yang baik ditempat magangmu. Langkahnya, datanglah ke tempat kerja tepat waktu. Tunjukkan kalau anda yaitu pribadi yang disiplin dan menghormati waktu. Bahkan juga, anda dapat datang satu atau 1/2 jam lebih awal dari jam masuk kerja.

Dengan datang lebih awal, anda miliki lebih banyak waktu untuk menyiapkan semua sesuatunya. Anda dapat mengatur meja kerjamu agar tetaplah terlihat rapi, membuat to do daftar untuk hari itu, dan mengawali pekerjaan dengan lebih santai.

Upayakan untuk datang lebih awal dan jadilah yang paling paling akhir saat jam pulang kantor. Sikap disiplin dan tepat waktu akan jadi catatan sendiri untuk atasan dan perusahaan.

2. Pastikan untuk Selalu Berpakaian Rapi

Bukan hanya anak magang, semua pegawai miliki keharusan untuk kenakan pakaian rapi ke kantor. Bedanya, anak magang dituntut untuk lebih memerhatikan tampilan karena perihal ini pula sebagai salah satu segi penilaian magang.

Sebelumnya mengawali aktivitas magang, baiknya mencari info sekitar cara kenakan pakaian. Anda dapat searching atau ajukan pertanyaan segera pada kakak tingkat atau rekan yang pernah magang ditempat yang sama denganmu. Pasalnya, semasing perusahaan atau tempat magang pasti miliki standard dan norma berbusana sendiri.

Magang di bank, kantor notaris, atau konsultan bisnis mengharuskanmu memprioritaskan tampilan. Pilih baju atau blazer yang digabungkan dengan celana bahan. Sesaat, bila anda magang di radio, stasiun tv, atau perusahaan start-up, anda dapat memilih baju kerja yang lebih casual.

3. Media Sosial Itu Penting, Tapi…

Aktif di sosial media mungkin saja salah satu segi yang akan di perhatikan atasan atau supervisor magang-mu. Aktif media di sosial media dapat disimpulkan kalau anda yaitu pribadi yang mengasyikkan dan miliki banyak koneksi.

Tetapi, baiknya lebih waspada dalam memakai sosial media. Jangan pernah anda malah memperoleh penilaian negatif karena kebiasaanmu ini. Pastikan kalau anda tidak mengunggah bebrapa photo pribadi atau menuliskan kalimat kasar di account pribadimu. Baiknya, pakai sosial media dengan cara dewasa dan bertanggungjawab.

4. Jauhkan Hpmu!

Beberapa orang lupa dan tidak menghiraukan norma kerja yang satu ini. Mereka berasumsi hp sebagai alat komunikasi pribadi yang sangat penting hingga harus senantiasa dibawa kemana saja. Bahkan juga, hp berniat ditempatkan di meja agar dapat segera tau ketika setiap saat ada pesan atau telephone masuk.

Walau sebenarnya, rutinitas ini malah salah besar. Sebagai pegawai magang anda harus memberikan profesionalisme dengan tidak pedulikan masalah pribadi saat di sewa kantor murah di jakarta selatan. Satu diantaranya dengan menaruh atau menghindari hp dari meja kerjamu. Baiknya, tempatkan hp dalam tas kerja dengan kondisi silent atau tanpa ada nada. Anda baru bisa mengecek hpmu saat makan siang atau usai jam kerja.

5. Jadi Pegawai Magang yang Proaktif

Sebagai mahasiswa magang, anda harus berlaku pro aktif di kantor. Awalilah dengan memohon daftar kerjamu pada supervisor magang. Pastikan kalau anda memahami dengan semua pekerjaan yang didelegasikan kepadamu. Cepatlah ajukan pertanyaan ketika ada beberapa pekerjaan yang belum anda tahu.

Kerjakan tugasmu tepat waktu dan buat laporan pada supervisor-mu. Janganlah lupa untuk minta kritik atau anjuran sebagai pelajari kemampuanmu. Nah, sikap aktif berikut yang akan jadi nilai lebih atas dirimu. Dengan kata lain, anda memberikan kalau dirimu miliki etos kerja yang baik sekaligus miliki keseriusan dan ketertarikan pada pekerjaan itu. Pegawai dengan ciri-ciriistik aktif dan gawat mungkin saja yang sangat diperlukan oleh perusahaan, lho!

6. Periksa Kembali Pekerjaan yang Telah Anda Selesaikan

Beberapa orang yang tidak berhasil karena sikap asal-asalan dan tergesa-gesa. Mengharapkan dapat lebih cepat merampungkan pekerjaan, namun malah melakukan ada beberapa kekeliruan.

Yup, sikap asal-asalan dan tergesa-gesa baiknya anda jauhi. Bukanlah perkara cepat atau lambat, namun bekerjalah dengan melindungi fokusmu. Kekuatan konsentrasi berikut yang akan bikin pekerjaanmu cepat usai sekaligus minim kekeliruan. Sesudahnya, sempatkan diri untuk kembali mengecek pekerjaanmu satu per satu sebelumnya diserahkan pada atasan.

7. Ketahui Lingkungan Kerjamu

Gunakan waktu magangmu dengan sebaik-baiknya. Pilih tempat magang yang menurutmu paling cocok dengan ketertarikan dan latar belakang pendidikanmu. Sekurang-kurangnya, pikirkan kalau anda miliki peluang kerja atau meneruskan kariermu ditempat itu setelah lulus kelak.

Sebagai calon Sarjana Pengetahuan Komunikasi, anda dapat memilih stasiun TV atau radio sebagai tempat magangmu. Ketika magang, anda dapat mulai pelajari system kerja dan ciri-ciri beberapa orang yang bekerja disana. Dalami sistem mengerjakan inspirasi sampai betul-betul jadi satu acara yang dapat tampil di tv. Dapat pula mengenai ciri-ciri beberapa pekerja kreatif yang condong serius, namun enjoy.

8. Jangan Jadi Tukang Ngeluh!

Mengeluh yaitu salah satu sikap negatif yang harus anda jauhi. Terkecuali dapat memengaruhi kemampuanmu sendiri, sering mengeluh akan bikin bebrapa rekanan kerja memberi penilaian jelek atas dirimu.

Ketika harus lembur di akhir minggu karena banyak pekerjaan, kontrol dirimu agar dapat tetaplah bekerja dengan santai dan konsentrasi. Mengeluh sama seperti memberi aura negatif pada sendiri dan beberapa orang di sekitarmu. Bahkan juga, sering mengeluh akan bikin rekan-rekan malas bekerja bersama denganmu.

9. Jalin Koneksi dengan Rekanan Kerjamu

Terkecuali jalinan kerja yang baik dengan atasan dan bebrapa rekanan kerja, juga penting untuk merajut jalinan baik diluar pekerjaan. Jadilah pribadi yang ramah dan mengasyikkan hingga banyak rekanan kerja yang suka mengetahui dan berteman denganmu. Tampillah sebagai orang yang enteng tangan dan mudah di ajak bekerja bersama.

Sesekali, bergabunglah dengan rekanan kerja untuk sebatas makan siang atau pergi karaoke. Pastikan untuk menaruh nomer kontak beberapa rekanmu ditempat magang. Anda jadi masihlah dapat melindungi komunikasi dengan mereka meskipun aktivitas magang telah usai. Ingat, jaringan dan koneksi yaitu salah satu yang penting dalam dunia bisnis dan hari esok kariermu.

10. Berikanlah Kesan yang Positif Ketika Saat Magangmu Selesai

Semestinya anda dapat berterima kasih pada perusahaan dan kebanyakan orang yang menolong sistem magangmu sampai usai. Berikanlah kesan perpisahan yang positif lewat cara menulis perkataan terima kasih dalam tulisan tangan.

Katakan mengenai atasan dan supervisor yang menuntunmu selama sistem magang. Tuliskan juga mengenai bebrapa rekanan kerja yang pernah membantumu satu-persatu. Seorang yang pernah berikan tahumu di mana letak toilet dan pantry, atau seorang lagi yang pernah membantumu melakukan perbaikan printer.

Yup, tulislah kebaikan-kebaikan mereka. Tunjukkan rasa terima kasihmu atas sikap baik dan penerimaan mereka atas kehadiranmu di kantor itu.

Aktivitas magang bukanlah hanya perintah universitas dan keharusan yang perlu kita penuhi untuk nilai. Magang malah harus jadi peluang emas untuk menyiapkan dan melatih diri sebelumnya melakukan pekerjaan yang sesungguhnya. Selamat magang. Semoga berhasil, ya!

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ceyron Louis

A web designer from India. And then you write some more information about yourself like this to fill out the space that is left.

0 komentar:

Posting Komentar